Wednesday, February 16, 2011

Fruity sponge cake

Masih tetap ingin berkutat dan berkreasi dengan sponge cake dan kali ini pilihannya jatuh pada cake dengan rasa buah segar dengan warna-warna yang cantik memikat hati.
Ada satu alasan mengapa saya sangat suka berkreasi dengan sponge cake dengan menjadikannya berbagai rasa dikarenakan sponge cake ini sangat mudah dibuat dan flexibel bila dicampur dengan berbagai macam bahan tambahan lainnya. Bentuk dan rasanya juga sudah cantik walau tanpa polesan. Selain itu dapat disajikan setiap saat ditemani minuman dingin atau panas.
Juga yang jelas buat saya, dengan memiliki resep sponge cake akan sangat membantu saya kalau tiba-tiba ada tamu mendadak atau acara mendadak yang mengharuskan saya membawa makanan, karena cake ini hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 1 jam dari mulai menyiapkan bahan sampai siap dihidangkan.
Resep2 cantik kali ini terinspirasi dari sponge cake warna-warinya NCC yang saya variasikan dengan berbagai macam rasa buah-buahan.

Tutty Fruity Sponge Cake

Bahan I :

- 7 putih telur
- 100 gr gula pasir
- 1/4 sdt cream of tartar (bisa di skip)

Bahan II :

- 7 kuning telur
- 75 gr gula pasir
- 150gr tepung terigu
- 70 ml susu cair
- 70 ml minyak sayur
- 1 sdt essence buah (saya pakai  rasa nanas)
- Pewarna coklat, pinkdan hijau (sesuai selera).

Cara Membuat :
  1. Kocok bahan satu sampai kaku mengembang. Sisihkan.
  2. Kocok kuning telur dan gula sampai pucat, masukkan tepung dan susu, aduk rata. Tambahkan minyak sayur dan essence.
  3. Masukkan campuran adonan I kedalam adonan ke II. Aduk rata.
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian, beri warna tiap bagiannnya.
  5. Poles loyang bongkar pasang dengan margarine tipis. Secara selang seling masukkan adonan bergantian membentuk pola marmer.
  6. Oven dalam suhu 180 derajat sampai matang (test tusuk).



Purple Barney Cake/Balackcurrent Sponge Cake

I love you
You love me
We are happy family
With a great big hug and kiss from me to you
Hope you say you love me too.....

Pasti masih ingat lagu ini...Ya sebuah lagu sederhana yang hampir semua anak mengenalnya...Barnie Song...
Saya ingat dulu sewaktu anak saya masih kecil lagu inilah yang pertama kali dihafalnya dan tentu saja warna purple menjadi salah satu warna favorite pilihannya selain pink.
Ternyata setelah masuk sekolahpun, purple juga merupakan warna dari sekolahnya. Jadi klop-lah, tidak perlu untuk memaksanya tiap pagi saat akan pergi sekolah dan memakaikan seragam karena dengan semangat dia akan bangun dan tidak sabar untuk memakai seragam purple kesukaannya.

Seperti biasa setelah  anak sudah mulai sekolah maka pastilah banyak kegiatan sekolahnya yang melibatkan orang tua murid. Untuk kali ini mereka membuat acara dengan tema "makanan sehat",  maka terpikir oleh saya untuk membuat cake dengan bahan dasar dari buah, dan karena mungkin sudah banyak orang tua lain yang membuat cake-cake buah dan sayur populer seperti apple cake, banana cake atau carrot cake, maka saya putuskan untuk membuat sesuatu yang lain. Dan untuk menyenangkan anak maka saya kombinasikan sponge cake berwarna purple barnie dengan rasa blackcurent yang asam segar.

Sebenarnya resep tidak sengaja ini juga saya temukan dikarenakan kesukaan anak saya akan juice blackcurrent yang mempunyai warna purple cantik dengan rasa yang asam segar, nah apa salahnya kalau saya buat juga cake dengan rasa yang sama. Mengenai rasa ternyata percobaan ini tidak mengecewakan sama sekali. Bau harum segar blackcurrentnya sangat dominan dan sudah tercium sejak didalam oven, sedangkan untuk memperjelas warna purplenya maka saya tambahkan sedikit pewarna purple barnie yang banyak terjual di supermarket khusus bahan cake langganan saya.
Yang jelas pada hari itu "Purple Cake" ini menjadi primadona sekolah...anak sayapun tersenyum lebar karenanya...Dan saya harap semoga resep ini akan menjadi idola anak anda juga...Selamat mencoba..



Purple Barnie Sponge Cake/ Blackcurrent sponge cake

Bahan I :

- 7 putih telur
- 100 gr gula pasir
- 1/4 sdt cream of tartar (bisa di skip)

Bahan II :

- 7 kuning telur
- 50 gr gula pasir
- 150gr tepung terigu
- 70 Blackcurrent juice/ blueberry juice consentrate
- 70 ml minyak sayur
- Pewarna purple barnie 

Cara Membuat :
  1. Kocok bahan satu sampai kaku mengembang. Sisihkan.
  2. Kocok kuning telur dan gula sampai pucat, masukkan tepung, aduk rata.
  3. Tambahkan minyak sayur dan juice buah. Aduk, tambahkan pewarna.
  4. Masukkan campuran adonan I kedalam adonan ke II. Aduk rata.
  5. Poles loyang bongkar pasang dengan margarine tipis.  
  6. Oven dalam suhu 180 derajat sampai matang (test tusuk).

 Catatan :
  • Untuk Tutty Fruity cake pemakaian pewarna bisa diganti dengan pasta tanpa menghilangkan pemakaian essence buah.
  • Untuk Barnie cake, ukuran gula bisa disesuaikan dengan ukuran manis tidaknya juice yang dipakai.




No comments:

Post a Comment