Thursday, July 1, 2010

Tragedi bolu kukus....

Kena "kutukan bolu kukus"...pasti hampir semua yang pernah nyoba bikin sendiri kue ini pernah mengalaminya. Entah kenapa..padahal kalau dilihat bahan baku dan cara membuatnya bolu kukus ini termasuk dalam kategori mudah dengan bahan baku yang murah meriah...tapi eeeiiit...jangan terkecoh dulu....bolu cantik ini mempunyai banyak cerita sedih kegagalan demi kegagalan yang kalau diceritakan mungkin tidak cukup satu buku...bisa dibayangkan kalau berhasil...pasti semua keluarga, sanak saudara, teman dan handai tolan kebagian mencicipinya...atau paling tidak dapat cerita keberhasilannya dengan seribu bumbu yang menyertainya....

Pengalaman saya sendiri dengan bolu kukus ini bermula ketika baru menikah. Seperti pasangan lainnya pastilah senang mencoba segala hal baru yang bisa membuat pasangannya bahagia, percobaan pertama apalagi kalau bukan urusan perut... Saat itu saya juga baru pindah ke negara lain dimana semua yang serba instant (tinggal beli matangnya) tidak ada...mau minta tetangga terus pastinya malu....mulailah coba-coba browsing resep di internet. Dari semua resep yang bikin pusing....saya dapatkan resep bolu kukus yang dilabelnya ada penjelasan buat pemula, resep sederhana dan mudah pengerjaannya. Karena "label" tersebut sangat menggoda, maka pada suatu hari libur, dengan tekat bulat saya mencoba membuatnya.

Setelah semua bahan saya siapkan dengan teliti berikut dengan ukurannya masing-masing,  maka tahap berikutnya adalah membuat bolu kukus sesuai step by step yang tertulis dalam resep. Setiap step saya ikuti, pada saat di mixer adonan naik dengan sempurna....aromanya pun sudah tercium ke segala penjuru...wach sudah terbayang hasilnya pasti o.k...Begitu matang...loh kok gak mekar seperti gambar... Aih...dikeluarkan dari kertasnya pun susahhh...kerassss...seperti batu....

Ooo...la...la...percobaan pertama saya untuk suami tercinta.....Walaupun tetap juga dia mencoba mencicipinya tapi melihat wajahnya cukup membuat saya menangis.....Alhasil percobaan pertama saya dibagi-bagikan ke security di kantor karena menurutnya itu enak dan sayang kalau dibuang....Entah mungkin juga dia gak mau menyinggung perasaan saya kalau tidak memakannya.....yang jelas bolu kukus pertama saya gagal total.....

Dari pengalaman tersebut saya tidak pernah capek dan kapok untuk berburu resep dan mencoba lagi. Dan sampai sekarangpun terkadang saya masih terkena "kutukan bolu kukus" ini. Tapi mungkin yang terpenting adalah belajar dari kesalahan terutama beberapa tips berikut :

  1. Jangan sekali-kali menganggap enteng resep dan baca dengan teliti serta ikuti aturan cara pembuatannya dengan benar.
  2. Kalau bikin bolu kukus ya harus dikukus bukan di microwave atau di oven, ternyata itu beda...qiqiqi...
  3. Dan selalu memakai cetakan bolu kukus bukan muffin, pengaruh banget ke hasilnya.
  4. Jangan malu bertanya pada ahlinya kalau bingung atau tidak mengerti.
  5. Mencoba resep sebaiknya jangan hari libur, karena kalau gagal tinggal buang ke tong sampah terdekat tanpa ada yang jadi korban....
  6. Membuatlah segala sesuatu dengan cinta, maka segalanya akan tampak lebih indah.
Mudah-mudahan tips tersebut bisa beranfaat, terutama untuk para penganten baru atau yang baru mau mencoba-coba membuat bolu kukus sendiri...Selamat berjuang....

No comments:

Post a Comment