Tuesday, August 7, 2012

Pie Buah Yoghurt

Pie yoghurt dengan topping buah
Setiap kali mencoba resep ini pasti ingatan saya melayang pada seorang teman yang telah pindah ke negara lain. Kedekatan kita bermula saat tanpa sengaja bertemu di sebuah supermarket, dan karena kita memiliki anak yang umurnya hampir sama serta hobby yang sama maka hampir setiap hari kita lalui bersama. Kebersamaan kita terkadang membuat lupa waktu, saling mencoba resep baru dan bertukar resep merupakan salah satu kegiatan yang paling kita sukai.
Saya yang memiliki banyak buku resep dan perbendaharaan bahan baku resep traditional sepertinya sangat cocok dengan dia yang suka sekali dengan semua yang serba tradisional. Dan pengalamannya di dunia masak memasak masakan eropa serta cake sesuai dengan keingin tahuan saya yang besar pada dunia cake dan pastry. Saling melengkapi inilah yang membuat kita dekat.

Resep Pie dibawah ini adalah hasil reka-reka kita yang kita ambil sebenarnya dari resep aslinya yang merupakan resep Pie konvensional biasa. Bahan bakunya kita sesuaikan dengan mengganti heavy cream dengan curd (plain yoghurt/ yoghurt biang) yang banyak di pasaran kota kami tinggal. Dan supaya rasa yoghurt ini terasa lebih "segar" maka aneka buah kaleng tropis dibuat toppingnya. Dan jadilah reka-reka resep ini menghasilkan resep pie yang enak dan gampang membuatnya. Rasanyapun tidak kalah dengan pie-pie lain yang dijual di toko...

Pie Buah Yoghurt

Bahan Kulit :
- 250 tepung terigu
- 1 btr telur
- 75 gr gula
- 125 gr mentega dingin potong dadu

Bahan isi :
- 375 gr curd yoghurt
- 25 gr tepung maizena
- 25 gr mentega cair
- 1 btr telur
- 2 kuning telur
- 100 gr gula pasir

Bahan Toping :
-Buah kaleng tiriskan atau buah segar potong2 sesuai selera


 Cara Membuat :
  1. Campur bahan kulit dalam mangkuk kecuali telur. Aduk rata sampai bergelindir halus baru masukkan telur. Aduk rata (bisa menggunakan food processor). Sisihkan
  2. Masukkan semua bahan isi dalam satu wadah. Aduk rata. Sisihkan
  3. Taruh bahan kulit di loyang pie dengan ketebalan yang cukup, masukkan bahan isi. Panggang dalam oven selama 25 menit.
  4. Keluarkan dari oven, biarkan dingin
  5. taruh buah2an diatasnya.
  6. Enak dihidangkan dingin.
Catatan :
  • Kalau susah mencari Curd/ plain yoghurt bisa diganti dengan yoghurt set yang banyak dijual di supermarket. Hanya jumlah gulanya agak di kurangi sedikit (sesuai dengan selera) karena yoghurt tersebut sudah manis.
  • Youghurt juga bisa diganti cream coconut kental, dan buah diganti dengan kelapa muda serut. Tambahkan essence pandan/coco pandan agar bau dan warnanya cantik. Beri topping kismis.

No comments:

Post a Comment